Thursday, 25 June 2015

Bimbingan ke-3: Konsep Perancangan dan Bab I

Selasa, 7 April 2015


Dalam bimbingan yang ketiga, saya mulai merancang BAB I. Dosen pembimbing saya masih terus mengarahkan tentang konsep dan konten yang harus ada dalam aplikasi saya nanti.

Berikut adalah Latar belakang dari BAB I saya..

1.1.      Latar Belakang

Energi Angin adalah salah satu materi yang terdapat dalam ilmu pengetahuan alam yang terdapat dalam Kurikulum Sekolah Dasar Kelas IV. Salah satu contoh dari penerapan konsep pengaruh gerak akibat perubahan udara adalah pesawat terbang dan kincir angin.
Dalam proses pembelajaran, siswa dasar kelas IV kurang memahami contoh pemanfaatan energi yaitu pesawat dan kincir angin hanya dengan bahan ajar buku cetak biasa yang terdiri dari teks dan gambar dua dimensi. Siswa hanya dapat membayangkan bagaimana pesawat itu terbang dan bagimana kincir angin itu berputar. Dengan sistem pembelajaran seperti ini, siswa cenderung cepat bosan dan kurang tertarik sehingga siswa sekolah dasar kelas IV tersebut mengalami kesulitan dalam memahami materi energi angin. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang medukung pembelajaran tersebut. 
Augmented Reality (AR) adalah sebuah istilah untuk lingkungan yang menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual serta dibuat oleh komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis. AR

memiliki salah satu kelebihan antara lain yaitu dapat mengimpementasikan secara luas dalam berbagai media. Seiring berkembangnya teknologi tersebut, penggunaan teknologi AR pada proses pembelajaran siswa sekolah dasar diharapkan dapat merangsang siswa agar tidak cepat bosan dan lebih memahami contoh pemanfaatan energi gerak akibat pengaruh udara. Dengan berkembangnya teknologi tersebut maka dirancang pembuatan aplikasi energi angin menggunakan AR (Augmented Reality) ke dalam bentuk animasi 3D untuk pendidikan sekolah menengah dasar yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa serta untuk menunjang program pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) oleh suatu lembaga pendidikan sekolah dasar agar membuat pelajaran lebih mudah, menarik, kreatif dan interaktif.
Sehubungan dengan alasan tersebut, maka penulis mencoba membuat penelitian tersebut guna memecahkan masalah yang terjadi yang akhirnya penulis tuangkan ke dalam pembuatan Tugas Akhir yang berjudul “Penerapan Teknologi AR (Augmented Reality) Pada Pembelajaran Energi Angin Kelas IV SD di Rumah Pintar Al-barokah Berbasis Flash.”

No comments:

Post a Comment