Dalam bimbingan yang ketiga, saya mulai merancang BAB I. Dosen pembimbing saya masih terus mengarahkan tentang konsep dan konten yang harus ada dalam aplikasi saya nanti.
Berikut adalah Latar belakang dari BAB I saya..
1.1.
Latar
Belakang
Energi Angin adalah salah satu
materi yang terdapat dalam ilmu pengetahuan alam yang terdapat dalam Kurikulum
Sekolah Dasar Kelas IV. Salah satu contoh dari penerapan konsep pengaruh
gerak akibat perubahan udara adalah pesawat terbang dan
kincir angin.
Dalam proses pembelajaran, siswa dasar kelas IV kurang memahami contoh pemanfaatan energi yaitu
pesawat dan kincir angin hanya dengan bahan ajar buku cetak biasa yang terdiri
dari teks dan gambar dua dimensi. Siswa hanya dapat membayangkan bagaimana
pesawat itu terbang dan bagimana kincir angin itu berputar. Dengan sistem pembelajaran seperti ini, siswa
cenderung cepat bosan dan kurang tertarik sehingga siswa sekolah dasar kelas IV tersebut mengalami kesulitan dalam memahami materi energi
angin. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang medukung
pembelajaran tersebut.
Augmented Reality (AR) adalah sebuah istilah untuk lingkungan yang
menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual
serta dibuat oleh komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis.
AR
memiliki salah satu kelebihan antara lain yaitu dapat mengimpementasikan
secara luas dalam berbagai media. Seiring berkembangnya teknologi tersebut,
penggunaan teknologi AR pada proses pembelajaran siswa sekolah dasar diharapkan
dapat merangsang siswa agar tidak cepat bosan dan lebih memahami contoh
pemanfaatan energi gerak akibat pengaruh udara. Dengan berkembangnya teknologi tersebut maka dirancang pembuatan
aplikasi energi angin menggunakan
AR (Augmented Reality) ke dalam bentuk animasi 3D untuk pendidikan sekolah menengah dasar yang
diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa serta untuk menunjang program pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) oleh suatu lembaga pendidikan sekolah dasar agar membuat pelajaran
lebih mudah, menarik, kreatif dan interaktif.
Sehubungan
dengan alasan tersebut, maka penulis mencoba membuat penelitian tersebut guna
memecahkan masalah yang terjadi yang akhirnya penulis tuangkan ke dalam
pembuatan Tugas Akhir yang berjudul “Penerapan Teknologi AR (Augmented
Reality) Pada Pembelajaran Energi Angin Kelas IV SD di Rumah Pintar
Al-barokah Berbasis Flash.”
No comments:
Post a Comment