Jurusan : Teknik Komputer Jaringan D3 AMIK Wahana Mandiri Batch 3
Mata kuliah : KDPJJ
Soal
Jelaskan perbedaan model pembelajaran tatap muka dengan berbasis TIK dari sisi:
1. Pengajar
2. Peserta didik
3. Media pembelajaran yang digunakan
Jawab :
1. Pengajar
2. Peserta didik
3. Media pembelajaran yang digunakan
Jawab :
Setelah
menyaksikan video Microsoft Research
Distributed Classroom2.wmv, menurut saya, perbedaan model pembelajaran
tatap muka dengan model pembelajaran yang berbasis TIK (teknologi informasi dan komunikasi), dilihat dari
sisi:
1.
Pengajar
(Guru/Dosen)
Model
pembelajaran tatap muka mengharuskan pengajar untuk datang ke lokasi
pembelajaran untuk memberikan materi
dengan waktu yang ditentukan. Selain itu, model pembelajaran ini
dibatasi oleh ruang dan waktu. Pengajar tidak dapat mengajar secara massal
karena dengan tatap muka dibatasi oleh tempat pembelajaran (Gedung Pendidikan)
dan waktu (dibatasi oleh aturan).
Sedangkan
model pembelajaran yang berbasis TIK (teknologi
informasi dan komunikasi) pengajar bisa menghemat waktu dengan mengajar
beberapa kelas sekaligus tanpa ada penghalang ruang dan waktu. Pengajar dapat
mengajar secara massal tanpa ada batasan peserta dengan menggunakan ICT.
Pengajar pun dapat lebih fleksibel dalam
mengatur waktu dan lokasi pembelajaran sehingga model pembelajaran ini
memberikan kemudahan bagi pengajar untuk menyampaikan materi dan memberikan
tugas kepada peserta didik kapanpun dan dimanapun ia berada. Dalam model
pembelajaran yang berbasis TIK (teknologi
informasi dan komunikasi) pengajar dapat dibantu oleh asisten pembelajaran (learning assistant) yang dapat memudahkan
pengajar dalam mengatur pembelajaran yang berbasis IT.
2.
Peserta Didik
Dalam model pembelajaran tatap muka, peserta didik harus mengikuti aturan
yang sudah ada seperti waktu dan tempat sudah ditentukan oleh lembaga
pendidikan (tidak bisa dimana saja dan kapan saja). Jika ia berhalangan hadir
maka ia tidak dapat mengikuti pembelajaran. Ia pun tidak dapat menentukan cara
pembelajaran sendiri melainkan harus mengikuti cara pembelajaran pengajarnya.
Sedangkan dalam model pembelajaran yang berbasis TIK (teknologi informasi dan komunikasi) peserta didik dapat menentukan sendiri
waktu belajarnya, sesuai dengan kemauan dan waktu yang dimilikinya. Peserta
didik bebas menentukan kapan mereka akan membaca materi dan dimana lokasinya
sehingga peserta didik bisa menerapkan proses belajar mandiri. Siswa atau
peserta didik mempunyai keleluasaan dalam menentukan kecepatan belajarnya dan
bisa menentukan sendiri waktu untuk mempelajari sesuatu penggalan isi pelajaran
(learning chunk). Selain itu, model
pembelajaran ini dapat meningkatkan interaksi dan komunikasi (increase interactivity and communication)
antar peserta didik sehingga siswa/peserta didik tidak pasif dalam belajar dan
juga tidak ada pertanyaan yang tak terjawab (no question goes unanswered) karena semua dapat bertanya dengan
bebas sekalipun berada di tempat yang berbeda dengan pengajarnya.
3.
Media Pembelajaran yang digunakan
Media Pembelajaran yang digunakan
adalah perbedaan yang sangat jelas terlihat diantara kedua model pembelajaran
ini. Dalam model pembelajaran tatap muka kebanyakan masih menggunakan media konvensional seperti buku,
modul,black board, OHP, Proyektor, dll. Dan semua itu harus dilakukan dalam
waktu yang sama dan tempat yang sama (terbatas).
Sedangkan
media pembelajaran yang digunakan dalam model pembelajaran yang berbasis TIK diantaranya adalah komputer,
multimedia berbasis komputer, media audio, media video, media yang tidak
diproyeksikan (benda nyata, replika, model, multimedia kit, simulator, bahan
cetakan (printed materials), foto, gambar, chart, poster, dan
grafik), media
yang diproyeksikan (Overhead Transparansi, film slide, dan gambar
proyeksi komputer (Computer Image
Projection).Dalam pembelajarannya media pembelajarannya dapat disesuaikan
dengan kebutuhan yang memungkinkan pengajar ataupun pendidik menjadi lebih
efektif dan efesien.
.
No comments:
Post a Comment