Friday, 30 May 2014

Mata Kuliah KDPJJ: Tugas Topik 1

Nama             : Elvin Khoirunnisa
Jurusan         : Teknik Komputer Jaringan D3 AMIK Wahana Mandiri Batch 3
Mata kuliah : KDPJJ

Soal
Jelaskan perbedaan model pembelajaran tatap muka dengan berbasis TIK dari sisi:
1. Pengajar
2. Peserta didik 
3. Media pembelajaran yang digunakan

Jawab :

Setelah menyaksikan video Microsoft Research Distributed Classroom2.wmv, menurut saya, perbedaan model pembelajaran tatap muka dengan model pembelajaran yang berbasis TIK (teknologi informasi dan komunikasi), dilihat dari sisi:
1.      Pengajar (Guru/Dosen)
Model pembelajaran tatap muka mengharuskan pengajar untuk datang ke lokasi pembelajaran untuk memberikan materi  dengan waktu yang ditentukan. Selain itu, model pembelajaran ini dibatasi oleh ruang dan waktu. Pengajar tidak dapat mengajar secara massal karena dengan tatap muka dibatasi oleh tempat pembelajaran (Gedung Pendidikan) dan waktu (dibatasi oleh aturan).
Sedangkan model pembelajaran yang berbasis TIK (teknologi informasi dan komunikasi) pengajar bisa menghemat waktu dengan mengajar beberapa kelas sekaligus tanpa ada penghalang ruang dan waktu. Pengajar dapat mengajar secara massal tanpa ada batasan peserta dengan menggunakan ICT. Pengajar pun dapat lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan lokasi pembelajaran sehingga model pembelajaran ini memberikan kemudahan bagi pengajar untuk menyampaikan materi dan memberikan tugas kepada peserta didik kapanpun dan dimanapun ia berada. Dalam model pembelajaran yang berbasis TIK (teknologi informasi dan komunikasi) pengajar dapat dibantu oleh asisten pembelajaran (learning assistant) yang dapat memudahkan pengajar dalam mengatur pembelajaran yang berbasis IT.

2.       Peserta Didik
Dalam model pembelajaran tatap muka, peserta didik harus mengikuti aturan yang sudah ada seperti waktu dan tempat sudah ditentukan oleh lembaga pendidikan (tidak bisa dimana saja dan kapan saja). Jika ia berhalangan hadir maka ia tidak dapat mengikuti pembelajaran. Ia pun tidak dapat menentukan cara pembelajaran sendiri melainkan harus mengikuti cara pembelajaran pengajarnya.
Sedangkan dalam model pembelajaran yang berbasis TIK (teknologi informasi dan komunikasi) peserta didik dapat menentukan sendiri waktu belajarnya, sesuai dengan kemauan dan waktu yang dimilikinya. Peserta didik bebas menentukan kapan mereka akan membaca materi dan dimana lokasinya sehingga peserta didik bisa menerapkan proses belajar mandiri. Siswa atau peserta didik mempunyai keleluasaan dalam menentukan kecepatan belajarnya dan bisa menentukan sendiri waktu untuk mempelajari sesuatu penggalan isi pelajaran (learning chunk). Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan interaksi dan komunikasi (increase interactivity and communication) antar peserta didik sehingga siswa/peserta didik tidak pasif dalam belajar dan juga tidak ada pertanyaan yang tak terjawab (no question goes unanswered) karena semua dapat bertanya dengan bebas sekalipun berada di tempat yang berbeda dengan pengajarnya.

3.      Media Pembelajaran yang digunakan
Media Pembelajaran yang digunakan adalah perbedaan yang sangat jelas terlihat diantara kedua model pembelajaran ini. Dalam model pembelajaran tatap muka kebanyakan masih menggunakan media konvensional seperti buku, modul,black board, OHP, Proyektor, dll. Dan semua itu harus dilakukan dalam waktu yang sama dan tempat yang sama (terbatas).
Sedangkan media pembelajaran yang digunakan dalam model pembelajaran  yang berbasis TIK diantaranya adalah komputer, multimedia berbasis komputer, media audio, media video, media yang tidak diproyeksikan (benda nyata, replika, model, multimedia kit, simulator, bahan cetakan (printed materials), foto, gambar, chart, poster, dan grafik), media yang diproyeksikan (Overhead Transparansi, film slide, dan gambar proyeksi komputer (Computer Image Projection).Dalam pembelajarannya media pembelajarannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang memungkinkan pengajar ataupun pendidik menjadi lebih efektif dan efesien.



.

No comments:

Post a Comment