Nama : Elvin Khoirunnisa
Jurusan : Teknik Komputer Jaringan D3 AMIK Wahana Mandiri Batch 3
Mata kuliah : KDPJJ Topik 2
Dalam pembelajaran sistem PJJ telah terjadi perubahan mendasar dalam paradigma pendidikan dimana pembelajaran yang tadinya berpusat pada pengajar menjadi berpusat pada peserta didik (Brodjonegoro, 1999) atau dari "teacher center" menjadi "student center". Jelaskanlah!
Jurusan : Teknik Komputer Jaringan D3 AMIK Wahana Mandiri Batch 3
Mata kuliah : KDPJJ Topik 2
Dalam pembelajaran sistem PJJ telah terjadi perubahan mendasar dalam paradigma pendidikan dimana pembelajaran yang tadinya berpusat pada pengajar menjadi berpusat pada peserta didik (Brodjonegoro, 1999) atau dari "teacher center" menjadi "student center". Jelaskanlah!
Jawab:
Selama ini sistem pembelajaran berpusat pada pengajar (teaccher center) dimanapengajar menjadi pusat peran dalam pencapaian hasil pembelajaran dan fungsi pengajar itu sendiri sebagai pemberi informasi utama dan evaluator. Proses pembelajaran dan penilaian dilakukan secara terpisah. Namun PJJ berhasil mengubah paradigma ini, salah satunya dengan PJJ peserta didik lebih banyak memegang kendali dalam proses pembelajaran karena peserta didik memiliki otonomi penuh atas proses belajarnya. Dialah yang menentukan apakah proses belajar tersebut terjadi atau tidak. Sehingga dengan PJJ pembelajaran pun berpusat kepada peserta didik (student center).
Selama ini sistem pembelajaran berpusat pada pengajar (teaccher center) dimanapengajar menjadi pusat peran dalam pencapaian hasil pembelajaran dan fungsi pengajar itu sendiri sebagai pemberi informasi utama dan evaluator. Proses pembelajaran dan penilaian dilakukan secara terpisah. Namun PJJ berhasil mengubah paradigma ini, salah satunya dengan PJJ peserta didik lebih banyak memegang kendali dalam proses pembelajaran karena peserta didik memiliki otonomi penuh atas proses belajarnya. Dialah yang menentukan apakah proses belajar tersebut terjadi atau tidak. Sehingga dengan PJJ pembelajaran pun berpusat kepada peserta didik (student center).
Sesuai
dengan salah satu prinsip dalam PJJ yaitu kemandirian, PJJ memberikan kesempatan bagi peserta untuk
memegang kendali atas kesuksesan belajar masing-masing, mulai dari keleluasaan
dalam memilih tempat belajar, menentukan sendiri waktu belajarnya, sesuai
dengan kemauan dan waktu yang dimilikinya, keleluasaan dalam menentukan
kecepatan belajarnya dan lama waktu untuk mempelajari sesuatu penggalan isi pelajaran ditentukan oleh siswa
sendiri. Sedangkan pengajar dalam PJJ berfungsi sebagai fasilitator
dan evaluasi dilakukan bersama dengan peserta didik. Proses pembelajaran dan penilaian pun saling berkesinambungan dan
terintegrasi. Sehingga dengan pembelajaran student center, peserta didik dapat lebih mengembangkan dirinya.
No comments:
Post a Comment