1. ada 5 makna (arti penting) mengikuti D1 ITB
a. Masa Depan yang lebih baik : Dengan mengenyam pendidikan saya bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik. Langkah pertama mewujudkan masa depan yang lebih baik adalah dengan membuat saya berpendidikan dahulu dan menjadi seorang yang berilmu, lalu saya ingin menyebarkan ilmu yang saya miliki
b. Orang tua & keluarga : Saya ingin membuat orang tua saya bangga dengan saya. Dengan saya mengenyam pendidikan di ITB, semoga saya bisa membahagiakan orang tua saya dan bisa membantu mereka suatu saat dengan usaha dan ilmu saya. Saya ingin menyekolah adik-adik dan saudara-saudara saya.
c. Jadi Dosen : Saya ingin meraih cita-cita saya sebagai dosen. Tentu saja saya harus menempuh serangkaian jenjang pendidikan untuk dapat mewujudkannya termasuk salah satunya adalah tahapan D1 ITB.
d. Menciptakan lapangan kerja : Dengan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, saya ingin memiliki pekerjaan yang layak dan motivasi saya yaitu dengan menguasai teknologi informasi saya ingin menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan mempekerjakan orang lain
e. Beasiswa :Program D1 PVB ini adalah program yang luar biasa. Kesempatan mendapatkannya pun sangat langka. Ditengah kendala ekonomi yang membelenggu, saya bersyukur mendapat beasiswa dari SEAMOLEC untuk bisa bersekolah di ITB ini. Maka saya termotivasi untuk sungguh-sungguh belajar dan memanfaatkan beasiswa ini sebaik mungkin sehingga saya bisa lulus dan mendapatkan beasiswa lagi untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
Urutan motivasi paling prioritas:
1. Membahagiakan Orang tua dan keluarga
2. Bercita-cita menjadi Dosen
3. Memiliki masa depan yang lebih baik
4. Menciptakan lapangan kerja
5. Mendapat beasiswa
2. Berikut adalah kegiatan saya
04.30 bangun tidur
04.45-5.30 solat subuh, berdoa, mengaji
5.30-07.00 beres-beres
07.30-08.30 mandi, sarapan, persiapan kerja
08.30-09.00 berangkat kerja
09.00-12.00 belajar dan kerja
12.00-13.00 istirahat, solat, makan siang
13.00-15.00 belajar dan kerja
15.30-15.50 solat ashar
15.50-17.00 belajar dan kerja
17.00-17.30 pulang kerja
17.30-18.00 istirahat, mandi,
18.00-18.40 solat magrib dan mengaji
18.40-19.00 pergi ke mesjid
19.00-19.30 solat isya dan berdoa
19.30-20.00 makan malam
20.00-22.30 belajar
22.30-04.30 tidur
3. Jadwal Harian Ideal
04.00 bangun tidur
04.05-5.30 solat subuh, berdoa, mengaji
5.30-07.00 beres-beres dan belajar
07.30-08.30 mandi, sarapan, persiapan kerja
08.30-09.00 berangkat kerja
09.00-12.00 belajar dan kerja
12.00-13.00 istirahat, solat, makan siang
13.00-15.00 belajar dan kerja
15.30-15.50 solat ashar
15.50-17.00 belajar bersama
17.00-17.30 pulang kerja
17.30-18.00 istirahat, mandi,
18.00-18.40 solat magrib dan mengaji
18.40-19.00 pergi ke mesjid
19.00-19.30 solat isya dan berdoa
19.30-20.00 makan malam
20.00-21.00 belajar
21.00-02.00 tidur
02.00-04.00 Solat malam dan belajar
4.Cara Belajar yang selama ini dilakukan adalah dengan membaca berulang-ulang lalu mencari tahu via internet jika tidak ada yang dimengerti, jika masih bingung saya berdiskusi bersama teman yang lebih paham.
Tahapan belajar mandiri:
a. Tahap Persiapan
Pada tahap ini saya menyiapkan kondisi fisik, psikis dan lingkungan yang mendukung pembelajaran. Saya menyukai suasana yang tenang saat belajar sehingga pada fase ini saya akan menyiapkan tempat sekondusif mungkin agar saya dapat belajar dengan tenang dan nyaman. Bukan hanya tempat belajar, namun kesehatan dan suasana hati juga mempengaruhi dalam cara belajar. Oleh karena itu, saya menyiapkan kondisi hati dan tubuh saya untuk selalu sehat dan bersemangat belajar dengan cara mengingat motivasi saya dalam meraih cita-cita.
b. Tahap identifikasi
Pada tahap ini saya mengidentifikasi terlebih dahulu apa yang saya pelajari dan tujuan dari materi tersebut sehingga saya paham apa yang hendak saya capai dari materi tersebut.
c. Tahap mengakses
Saya mengakses pengetahuan saya terlebih dahulu dengan materi tersebut, apakah saya sudah mengetahui materi tersebut atau belum.
d. Tahap Eksplorasi
Untuk meyakinkan dan memperdalam pengetahuan saya mengenai suatu materi dengan cara saya mencari referensi terlebih dahulu melalui buku, modul dan internet. Sehingga ilmu tersebut semakin saya kuasai.
e. Tahap memahami
Disini cara saya sedikit berbeda, setelah mencari tahu mengenai materi yang hendak saya pelajari lalu saya memahami teori/konsep dari materi tersebut hingga saya benar-benar paham. Jika ada pertanyaan saya mencari tahu melalui internet atau mendiskusikannya bersama teman. Setelah saya benar-benar paham saya akan melanjutkan materi baru.
f. Tahap latihan
Learning by doing, saya senang belajar konsep lalu saya menerapkannya dengan praktek. Sehingga materi yang saya pelajari lebih menempel. Dengan latihan saya mengetahui sejauh mana pemahaman saya.
g. Tahap menilai
Setelah melakukan latihan saya dapat mengukur kemampuan saya, apakah saya benar-benar sudah menguasai materi ini atau saya masih perlu memperdalam materi tersebut sebelum saya melanjutkan materi yang lain.
No comments:
Post a Comment