Laporan
Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
|
:
|
Elvin Khoirunnisa
|
NIM/ No. Registrasi
|
:
|
11031404
|
Alamat email
|
:
|
elnisaelvin@gmail.com
|
Program & Opsi
|
:
|
TKJ-SJW
|
Tahap Perkuliahan ke-
|
:
|
1 (c)
|
USBJJ
|
:
|
SEAMOLEC
|
Aktivitas Belajar Mandiri
|
Rangkuman materi
perkuliahan yang telah saya pelajari (100-400 kata):
|
Pada
tahap perkuliahan 1(a)
saya mempelajari tentang Pengembangan Karakter.
Berikut
adalah rangkuman materi 1 (a):
a. 3 hal penting dalam
transformasi menuju budaya mandiri :
1.
Motivasi
Motivasi merupakan dorongan
atau penggerak yang berada dalam diri seseorang.
Fungsi motivasi:
1. Fungsi Penggugahan
2. Fungsi Pengharapan
3. Fungsi Pengajaran
4. Fungsi Pengaturan Tingkah
Laku
2.
Karakter
Pendidikan karakter pada
intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia,
bermoral, bertoleran bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis,
berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman
dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.
2.
Kebersamaan
Kebersamaan membuat segala sesuatu
menjadi ringan.
Faktor Eksternal-Komunitas
• Dukungan Keluarga
Mohon ijin, dukungan, dan doa orang tua
untuk mengikuti progam D1 ITB
• Peran sangat penting USBJJ dan
Instruktur
– Tempat belajar bersama
– Server & elearning
– Bimbingan (materi, KP, TA)
– Koordinasi Kegiatan outbound, bakti
sosial, dsb
• Rekan belajar
– Jadikan rekan belajar sebagai partner
belajar, berbagi pengetahuan dan
pengalaman
– Tumbuhkan semangat kebersamaan ,yang
akan terus tumbuh seiring
tumbuhnya pengetahuan dan pengalaman
Tugas 1 (a)
·
ada 5 makna (arti penting) mengikuti D1 ITB
1. Masa Depan yang lebih baik : Dengan mengenyam pendidikan saya
bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik. Langkah pertama mewujudkan masa
depan yang lebih baik adalah dengan membuat saya berpendidikan dahulu dan
menjadi seorang yang berilmu, lalu saya ingin menyebarkan ilmu yang saya
miliki
2. Orang tua & keluarga : Saya ingin membuat orang tua saya
bangga dengan saya. Dengan saya mengenyam pendidikan di ITB, semoga saya bisa
membahagiakan orang tua saya dan bisa membantu mereka suatu saat dengan usaha
dan ilmu saya. Saya ingin menyekolah adik-adik dan saudara-saudara saya.
3. Jadi Dosen : Saya ingin meraih
cita-cita saya sebagai dosen. Tentu saja saya harus menempuh serangkaian
jenjang pendidikan untuk dapat mewujudkannya termasuk salah satunya adalah
tahapan D1 ITB.
4. Menciptakan lapangan kerja : Dengan mengenyam pendidikan di
perguruan tinggi, saya ingin memiliki pekerjaan yang layak dan motivasi saya
yaitu dengan menguasai teknologi informasi saya ingin menciptakan lapangan
pekerjaan sendiri dan mempekerjakan orang lain
5. Beasiswa : Program D1 PVB ini adalah
program yang luar biasa. Kesempatan mendapatkannya pun sangat langka.
Ditengah kendala ekonomi yang membelenggu, saya bersyukur mendapat beasiswa
dari SEAMOLEC untuk bisa bersekolah di ITB ini. Maka saya termotivasi untuk
sungguh-sungguh belajar dan memanfaatkan beasiswa ini sebaik mungkin sehingga
saya bisa lulus dan mendapatkan beasiswa lagi untuk melanjutkan ke jenjang
yang lebih tinggi.
Saya
juga sudah mengerjakan perintah tugas 1(b) dan 1(c) nya dan di posting di
blog saya:
Tahap
perkuliahan 1 (b)
Pada tahap
kedua adalah pembuatan karakter dengan menggunakan aplikasi Blender. Saya
membuat karakter 3D Android.
Blender adalah
program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan
oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal.
Blender memiliki
video compositor dan intergrated game
engine Karya yang dihasilkan tidak
ada sifat royalt
kepada developer, dan
dapat dipublikasikan baik
free maupun untuk dikomersilkan.
Blender merupakan
salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan
sendiri dibandingkan program
modeling 3D lainnya.
Video terdiri dari
Modelling, Texturing&Material, Rigging, dan Animating. Selengkapnya ada
di Youtube yang tertera link nya dibagian bawah.
Tahap perkuliahan
1(c)
Saya belajar
membuat laporan aktivitas belajar dengan menggunakan template nantinya,
template ini akan digunakan setiap aktivitas pembelajaran dan tugas. Template
yang sudah diisi kemudian di dikumpulkan ke instruktur USBJJ masing-masing
dan juga diposting ke Blog. Link URL nya dikumpulkan di e-learning Chamilo.
Template terdiri
dari :
1.
Identitas mahasiswa
2.
Rangkuman pembelajaran
3.
Kendala/kesulitan yang dihadapi
4.
Video dokumentasi Belajar
5.
Link Video di Youtube
|
Kendala atau
kesulitan yang telah saya atasi (termasuk cara mengatasinya) dan yang masih
saya hadapi:
|
Blender
adalah aplikasi yang masih baru bagi saya, sehingga saya amsih perlu latihan
lagi untuk meningkatkan kemampuan saya sehingga saya bisa mengambil manfaat
dan memberi manfaat bagi semua orang.
|
Video Dokumentasi Belajar
|
Cuplikan gambar (screenshots)
dari Video Dokumentasi Belajar yang telah saya buat:
|
|
Link berikut menampilkan Video Dokumentasi Belajar yang telah saya
upload ke Youtube:
|
blender part 1: di http://youtu.be/-OaO4FQY8lU
part 2: http://youtu.be/m5wyq5Xcqho
part 3: http://youtu.be/QUB3LVoLl_A
|
No comments:
Post a Comment