Monday, 24 November 2014

Tugas Tahap Perkuliahan ke-1(a), 1(b) & 1(c)

Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Elvin Khoirunnisa
NIM/ No. Registrasi
:
11031404
Alamat email
:
elnisaelvin@gmail.com
Program & Opsi
:
TKJ-SJW
Tahap Perkuliahan ke-
:
1 (c)
USBJJ
:
SEAMOLEC

Aktivitas Belajar Mandiri
Rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari (100-400 kata):
Pada tahap perkuliahan 1(a)
saya mempelajari tentang Pengembangan Karakter.
Berikut adalah rangkuman materi 1 (a):
a.       3 hal penting dalam transformasi menuju budaya mandiri :
1.         Motivasi
Motivasi merupakan dorongan atau penggerak yang berada dalam diri seseorang.
Fungsi motivasi:
1.       Fungsi Penggugahan
2.       Fungsi Pengharapan
3.       Fungsi Pengajaran
4.       Fungsi Pengaturan Tingkah Laku
2.     Karakter
Pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.

2.         Kebersamaan
Kebersamaan membuat segala sesuatu menjadi ringan.
Faktor Eksternal-Komunitas
• Dukungan Keluarga
Mohon ijin, dukungan, dan doa orang tua untuk mengikuti progam D1 ITB
• Peran sangat penting USBJJ dan Instruktur
– Tempat belajar bersama
– Server & elearning
– Bimbingan (materi, KP, TA)
– Koordinasi Kegiatan outbound, bakti sosial, dsb
• Rekan belajar
– Jadikan rekan belajar sebagai partner belajar, berbagi pengetahuan dan
pengalaman
– Tumbuhkan semangat kebersamaan ,yang akan terus tumbuh seiring
tumbuhnya pengetahuan dan pengalaman
Tugas 1 (a)
·         ada 5 makna (arti penting) mengikuti D1 ITB
1.      Masa Depan yang lebih baik        : Dengan mengenyam pendidikan saya bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik. Langkah pertama mewujudkan masa depan yang lebih baik adalah dengan membuat saya berpendidikan dahulu dan menjadi seorang yang berilmu, lalu saya ingin menyebarkan ilmu yang saya miliki
2.      Orang tua & keluarga      : Saya ingin membuat orang tua saya bangga dengan saya. Dengan saya mengenyam pendidikan di ITB, semoga saya bisa membahagiakan orang tua saya dan bisa membantu mereka suatu saat dengan usaha dan ilmu saya. Saya ingin menyekolah adik-adik dan saudara-saudara saya.
3.      Jadi Dosen                           : Saya ingin meraih cita-cita saya sebagai dosen. Tentu saja saya harus menempuh serangkaian jenjang pendidikan untuk dapat mewujudkannya termasuk salah satunya adalah tahapan D1 ITB.
4.      Menciptakan lapangan kerja       : Dengan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, saya ingin memiliki pekerjaan yang layak dan motivasi saya yaitu dengan menguasai teknologi informasi saya ingin menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan mempekerjakan orang lain
5.      Beasiswa                              : Program D1 PVB ini adalah program yang luar biasa. Kesempatan mendapatkannya pun sangat langka. Ditengah kendala ekonomi yang membelenggu, saya bersyukur mendapat beasiswa dari SEAMOLEC untuk bisa bersekolah di ITB ini. Maka saya termotivasi untuk sungguh-sungguh belajar dan memanfaatkan beasiswa ini sebaik mungkin sehingga saya bisa lulus dan mendapatkan beasiswa lagi untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
Saya juga sudah mengerjakan perintah tugas 1(b) dan 1(c) nya dan di posting di blog saya:
Tahap perkuliahan 1 (b)

Pada tahap kedua adalah pembuatan karakter dengan menggunakan aplikasi Blender. Saya membuat karakter 3D Android.  
Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal.

Blender memiliki video compositor dan  intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak  ada  sifat  royalt  kepada  developer,  dan  dapat  dipublikasikan  baik  free maupun untuk dikomersilkan.

Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.

Video terdiri dari Modelling, Texturing&Material, Rigging, dan Animating. Selengkapnya ada di Youtube yang tertera link nya dibagian bawah.

Tahap perkuliahan 1(c)

Saya belajar membuat laporan aktivitas belajar dengan menggunakan template nantinya, template ini akan digunakan setiap aktivitas pembelajaran dan tugas. Template yang sudah diisi kemudian di dikumpulkan ke instruktur USBJJ masing-masing dan juga diposting ke Blog. Link URL nya dikumpulkan di e-learning Chamilo.
Template terdiri dari :
1. Identitas mahasiswa
2. Rangkuman pembelajaran
3. Kendala/kesulitan yang dihadapi
4. Video dokumentasi Belajar
5. Link Video di Youtube

Kendala atau kesulitan yang telah saya atasi (termasuk cara mengatasinya) dan yang masih saya hadapi:
Blender adalah aplikasi yang masih baru bagi saya, sehingga saya amsih perlu latihan lagi untuk meningkatkan kemampuan saya sehingga saya bisa mengambil manfaat dan memberi manfaat bagi semua orang.

Video Dokumentasi Belajar
Cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi Belajar yang telah saya buat:

Link berikut menampilkan Video Dokumentasi Belajar yang telah saya upload ke Youtube:
blender part 1: di http://youtu.be/-OaO4FQY8lU





No comments:

Post a Comment